Free Baby Cursors at www.totallyfreecursors.com
Curly Awkward: Remaja dengan Idealismenya

cekidooot curly's

kemoooon on Twitter :)

Selasa, 14 Februari 2012

Remaja dengan Idealismenya



Memasuki gerbang remaja, baik remaja putra maupun remaja putri umumnya merasa dirinya sudah besar, dalam arti bukan anak-anak lagi. Itulah yang menyebabkan remaja cenderung susah diatur meskipun oleh orang tuanya sendiri. Memasuki usia 17 tahun, remaja mulai memiliki cita-cita dan ide yang mulai bermunculan. Pengaruh masa kanak-kanak yang belum seratus persen hilang dalam jiwanya menyebabkan idealismenya belum kokoh.
Cita- cita yang dimiliki kaum remaja terkadang masuk diakal apabila sesuai dengan kondisi remaja tersebut. Tetapi tragisnya, ada pula remaja yang berkeinginan muluk-muluk namun tidak berusaha menggapainya. Boleh- boleh saja remaja memiliki idealisme maupun cita-cita untuk menggapai masa depan. Namun semua itu harus dikendalikan agar tidak melenceng dari yang diinginkan.
Kendali dalam jiwa sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi perpaduan antara cita-cita dengan nafsu yang bergelora didalam jiwanya. Jika kaum remaja lebih menggunakan nafsu untuk mencapai semua keinginannya maka ini akan memberikan peluang bagi setan untuk membisiki telinga kirinya. Ketahuilah bahwa ketika seseorang stres dan melamun, setan-setan sedang sibuk mengeluarkan jurus mautnya, menjerat manusia untuk ikut dengannya dalam kesesatan.
Setan membisikinya untuk menghilangkan stress dengan mabuk-mabukan,menenggak minuman keras. Lalu darimana ia mendapatkan uang untuk membeli minuman keras? Sekali lagi setan membisikinya untuk mencuri. Mula-mula ia hanya berani mencuri milik orang tua dan saudara-saudaranya. Namun lama kelamaan, karena ia telah terbuai oleh bisikan-bisikan setan, maka wilayah pencuriaannya pun bertambah luas. Dan kini remaja yang malas dan suka melamun itupun menjadi pengikut setia setan yang terkutuk.
Begitulah gambaran remaja yang memiliki idealisme, tetapi malas untuk mewujudkannya hingga akhirnya ia menjadi bulan-bulanan setan untuk ikut berpesta pora dalam kesesatan. Sebagai remaja yang beriman dan beragama memang harus memiliki idealisme yang kuat, agar jiwanya merasa terpacu untuk mewujudkan idealisme tersebut dengan cara-cara yang baik dan diridhai Allah SWT.
 Ingatlah bila Allah telah meridhai suatu usaha, maka sudah pasti ada jalan keluarnya. Sebagaimana Allah SWT telah berfirman “Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan”. Maksudnya , seorang remaja harus memiliki rasa optimisme yang kuat disamping idealisme pada dirinya. Giat bekerja sesuai dengan kemampuan dan keterampilan adalah salah satu jalan menuju tercapainya kesuksesan yang tidak mungkin dicapai dengan bermalas-malasan. Maka untuk mencapai tujuan hidupnya harus didasari oleh sikap suka menabung,ekonomis dan giat berusaha untuk mencapai tujuan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cuap cuap cini -->>