Free Baby Cursors at www.totallyfreecursors.com
Curly Awkward: Pesantren Kilat Sebagai Alternatif Penanggulangan Kenakalan Remaja

cekidooot curly's

kemoooon on Twitter :)

Kamis, 16 Februari 2012

Pesantren Kilat Sebagai Alternatif Penanggulangan Kenakalan Remaja


A.            Tujuan Pesantren Kilat untuk Remaja

          Tujuan pesantren kilat yakni untuk menanamkan iman dan taqwa yang lebih kuat lagi. Sebab goresan – goresan iman dan taqwa yang terus menerus pada jiwa remaja akan menimbulkan dampak positif dalam perkembangan moralnya dimasa yang akan datang. Selain itu, tujuan dari diadakannya pesantren kilat adalah untuk mempererat hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan antar sesama manusia dan membentuk kepribadian remaja menjadi kepribadian yang kental dengan nuansa islami.
   Jika dibahas lebih khusus lagi, maka sesungguhnya tujuan pesantren kilat antara lain:

1.             Peningkatan keTauhidan
Remaja sering kali membuat sensasi – sensasi untuk mencari perhatian publik. Namun terkadang sensasi yang mereka buat sangat keterlaluan hingga menimbulkan hal – hal negatif yang dapat merugikan orang lain bahkan dirinya sendiri. Salah satu tujuan diadakannya pesantren kilat yaitu untuk lebih meningkatkan pendalaman akan pengertian dan makna Tauhid bagi remaja.

2.             Pengembangan kepribadian
Untuk mencapai kepribadian yang matang, seseorang memerlukan waktu yang cukup serta bertahap, karena fitrah manusia sejak lahir sampai menemui ajalnya akan mengalami berbagai perubahan. Adapun tujuan dari pengembangan suatu kepribadian adalah agar dapat menjadi manusia dewasa yang sanggup untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri serta mandiri.

3.             Keterampilan bersosialisasi
Satu lagi tujuan dari pesantren kilat, yakni untuk mengajak kepada santrinya untuk mengasah keterampilan dalam berbagai bidang, termasuk keterampilan bersosialisasi, sebab keterampilan – keterampilan ini juga sangat mendukung terciptanya keselarasan dalam pergaulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cuap cuap cini -->>