Free Baby Cursors at www.totallyfreecursors.com
Curly Awkward: Kondisi Remaja pada Masa Puber

cekidooot curly's

kemoooon on Twitter :)

Selasa, 14 Februari 2012

Kondisi Remaja pada Masa Puber

Terdapat beberapa kecenderungan yang dialami oleh remaja yang pubertas, yaitu :
1.      Kecenderungan untuk meniru
Biasanya hal-hal yang menjadi kesukaannya untuk ditiru adalah mode pakaian dan kebiasaan para bintang film yang menjadi idolanya. Mereka seringkali menirunya tanpa memperpertimbangkan kepribadian dan kondisi sosial dimana ia tinggal sehingga kerap kali tingkah lakunya menyimpang dari tatanan masyarakat yang sudah ada. Dari sinilah pentingnya menanamkan akidah dan akhlak sedini mungkin guna menjadi filter dari pengaruh budaya,ideologi dan slogan-slogan yang menyesatkan.


2.      Kecenderungan untuk mencari perhatian
Anak pada masa pubertas disamping kesukaannya untuk meniru hal-hal baru, mereka juga terkadang bertingkah laku over-acting didepan umum untuk mencari perhatian. Semua ini tidak lepas dari keinginannya dalam usaha mencari jati diri. Kecenderungan untuk mencari perhatian ini harus disalurkan pada hal-hal positif seperti membentuk organisasi sosial,ikut kegiatan keagamaan,mengikuti lomba-lomba yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya.


3.      Kecenderungan mulai tertarik pada lawan jenis
Gejala-gejala seperti ini adalah wajar dan normal, justru bila anak sudah menginjak masa pubertas kemudian tidak tertarik pada lawan jenisnya ini perlu dipertanyakan, jangan-jangan dirinya tidak normal. Tumbuhnya rasa cinta kasih adalah fitrah bagi manusia agar kehidupan manusia itu terasa tenteram dan bahagia. Akan tetapi kecintaan pada lawan jenis ini harus disertai dengan tuntunan akhlak dan pegangan agama yang kuat.


4.      Selalu ingin mencoba hal – hal baru
Kecenderungan ingin mencoba hal – hal baru seperti ini umumnya bersifat negatif, seperti ingin mencoba rokok, minuman keras,mengisap ganja dan morfin yang katanya dapat menimbulkan ketenangan dan pelarian dari suatu masalah. Belum lagi ancaman Allah bagi para peminum khamer sebagaimana sabda Rasullulah SAW “Ada tiga orang yang tidak akan bisa masuk surga yaitu orang yang melanggengkan meminum khamer,orang yang memutuskan persaudaraan dan orang yang membenarkannya. Barangsiapa yang mti dalam keadaan masih melanggengkan minum khamer maka Allah akan memberi minum dia dari air sungai Ghauthah, yaitu sungai yang mengalir yang berasal dari farjinya wanita-wanita pezina yang baunya bisa menyakitkan ahli neraka yang lain akibat dari sangat bacinnya”.


5.      Kecenderungan mencari idola
Masa pubertas adalah masa kebingungan anak mencari idola untuk dijadikan model dan contoh dalam kehidupannya. Kebanyakan dari mereka cenderung mencari idola dari para artis atau bintang film yang menjadi pujaannya, sehingga bila apa yang menjadi kebiasaan para artis ditiru tanpa difilter lagi maka itu akan menyebabkan kehancuran pada diri anak tersebut. Oleh karena itu, membentengi anak dengan akhlak yang mulia disertai dengan pendalaman agama Insya Allah dapat menjauhkan anak dari jalan yang sesat.

6.      Emosinya mudah meletup
Pada masa pubertas anak sedang semangat-semangatnya berkreatif,menyalurkan bakat dan hobinya. Bersamaan dengan itu emosinya mudah meletup, hal ini dikarenakan penyaluran emosi yang tidak pada tempatnya sehingga tingkah lakunya cenderung bersifat merusak. Adapun beberapa cara terapi yang efektif untuk mengendalikan emosi mereka adalah dengan memberikan bimbingan akhlak yang mulia serta pendidikan agama yang mendalam.

Demikianlah beberapa kecenderungan yang dialami oleh anak-anak yang menginjak masa pubertas. Kecenderungan ini dapat dikendalikan dengan baik apabila disalurkan pada hal-hal positif. Sebaliknya, kecenderungan tersebut dapat menjerumuskan anak pada kesesatan dan kerusakan bila tidak diarahkan dan dibimbing ke jalan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cuap cuap cini -->>